PDF download: Travel Photography Essentials

Saat masih bekerja di NatGeo, saya kerap diminta untuk berbagi tentang jurnalisme, fotografi, atau lebih spesifik lagi; fotografi perjalanan (travel photography).

Dari beberapa kali sesi berbagi dan tanya-jawab (baik formal maupun informal), akhirnya saya membuat semacam outline atau template yang biasanya saya gunakan sebagai bahan presentasi, dengan penyesuaian di sana-sini, tergantung audiens yang akan saya hadapi. Responsnya sangat positif.

Nah, daripada berkas ini mengendap di hardisk—yang saya sendiri tidak bisa menjamin bakal bertahan berama lama—saya bagikan saja di sini untuk diunduh oleh kawan-kawan.

Bagi yang berminat, silakan unduh file pdf di tautan ini. Sebagai info, jangan berharap salindia (slide) presentasi ini berisi penjelasan panjang lebar. Saat memberi presentasi, saya lebih suka bercerita ketimbang “membaca ulang” apa yang ada pada salindia. Jadi, biasanya saya hanya menampilkan poin-poin pada salindia.

Semoga bermanfaat!

Catatan: semua foto dalam salindia tersebut adalah karya asli saya, saya membebaskan kawan-kawan untuk menggunakannya tanpa perlu izin. Asal jangan dipakai buat produksi iklan ya 🙂

Leave a Reply