Informasi geografis dalam frame

Di Fotokita.net, kami memilih foto-foto dengan berbagai pertimbangan; bukan hanya dari aspek visual, melainkan juga konten dan cerita yang dikandung dalam frame, di antaranya informasi geografis.

Selain soal alamat atau nama tempat yang menjadi subjek utama dalam bingkai foto, informasi geografis juga mencakup segala unsur intrinsik yang dimiliki oleh subjek foto.

Dalam foto di atas, yang terpilih sebagai FPE September 2014Stefanus Martantomenyajikan informasi itu: “Gunung Sumbing dan Sundoro, dalam foto ini tampil dengan karakter sejatinya. Gunung-gunung api memberi kesuburan bagi tanah persawahan dan perkebunan, serta sumber air bagi aliran sungai,” tulisnya dalam teks foto yang disampaikan kepada kami.

Stefanus tidak hanya menyajikan foto lanskap yang memang memiliki komposisi yang apik ini; liukan sungai nan panjang “menuju” ke tengah-tengah dua gunung raksasa, seakan-akan sungai ini diapit dua gunung tersebut—dan penyajian hitam putih yang pada kadar tertentu mengingatkan kita pada fotografi Ansel Adams, tetapi juga informasi geografis berupa bagaimana alam bekerja, bahwa gunung yang sehat merupakan penyuplai air bagi sungai dan kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *